Apa itu Wireless LAN? Pengertian, Fungsi dan Jenis Wireless LAN Card

Kita hidup di zaman di mana kemajuan teknologi berada pada puncaknya. Khususnya, ada faktor penting dari transmisi jaringan di dunia teknologi. Ada transmisi jaringan yang biasa kita sebut dengan Wireless LAN merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network.

Pada catatan ini, Wireless LAN merupakan nirkabel yang menunjukkan transmisi area lokal dengan menggunakan internet di mana transmisi melalui gelombang radio. Khususnya, distribusi Wireless LAN merupakan melalui gelombang frekuensi radio yang mempunyai titik jalan masuk di internet.

Pada Artikel kali ini akan dibahas mengenai Wireless LAN yang terdiri dari pengertian, fungsi, dan macam LAN Card serta beberapa aspek penting pada Wireless LAN.

Pengertian Wireless LAN

LAN-2

Wireless LAN merupakan jaringan yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dan berkomunikasi secara nirkabel. Berbeda dengan LAN yang menggunakan kabel secara tradisonal, di mana umumnya perangkat berkomunikasi melalui kabel Ethernet, sementara perangkat pada Wireless LAN mengakses jaringan dengan WIFI

Wireless LAN merupakan ekstensi ke jaringan kabel ketika ini atau alternatifnya. Wireless LAN mempunyai kecepatan transfer data mulai dari 1 hingga 54 Mbps, dengan beberapa perusahaan menawarkan solusi 108Mbps.  Sinyal Wireless LAN bisa disiarkan untuk mencakup area dengan ukuran mulai dari kantor kecil hingga kampus besar. Paling lazim, jalur jalan masuk Wireless LAN menyediakan jalan masuk dalam radius 65 hingga 300 kaki. Perlu dicatat bahwa IEEE 802.11 merupakan standar yang menjadi dasar beberapa besar LAN nirkabel modern.

 Karena perangkat nirkabel semakin populer, begitu pula Wireless LAN. Router nirkabel berfungsi sebagai stasiun pangkalan, yang menyediakan koneksi nirkabel ke perangkat apa pun yang menyokong Wi-Fi dalam jangkauan sinyal nirkabel router.  Perangkat ini termasuk komputer jinjing, smartphone, perangkat nirkabel, televisi, maupun smart house lainnya. Router nirkabel sering menyambungkan ke modem kabel atau perangkat lain yang terhubung ke internet untuk menyediakan jalan masuk internet ke perangkat yang terhubung.

Cara Kerja Wireless LAN

LAN-3

Wireless LAN mencakup klien yang berbeda yang bisa berupa jalur jalan masuk atau klien nirkabel tergantung pada pengaturan. Stasiun klien bisa berupa apa saja mulai dari komputer jinjing hingga desktop atau seluruh stasiun kerja yang digunakan oleh pengguna di jaringan area lokal.

Titik jalan masuk nirkabel aps yang juga disebut sebagai router nirkabel merupakan titik yang menerima sinyal dan mentransmisikan gelombang radio yang sama. Penting untuk dicatat bahwa perangkat seperti smartphone dan telepon IP bisa menjadi bagian dari jaringan klien. Jalur jalan masuk memastikan bahwa individu bisa mengirim data melalui jaringan nirkabel, baik melalui infrastruktur atau mode ad hoc. Dengan ad hoc, unit mengerjakan transmisi data melalui sistem peer to peer secara langsung.

Jalur jalan masuk telah disebut sebagai hub komunikasi di mana para pengguna LAN bisa berkomunikasi dengan jaringan distribusi kabel. Titik jalan masuk yang penting terus memberikan keamanan pada gelombang radio yang ditransmisikan menggunakan internet.  Pada catatan dokumen iklan, unit non-statis mengerjakan transmisi data mereka langsung dari peer to peer. Itu juga dilambangkan sebagai P2P. Di sisi lain, mode yang dicatat sebagai infrastruktur mengerjakan transmisi data di antara perangkat seluler melalui titik jalan masuk yang betul-betul berfungsi sebagai perantara atau jembatan ke jaringan lain. Di kluster P2P Wi-Fi, pemilik kluster berfungsi sebagai titik masuk, dan tiap-tiap gadget lainnya merupakan pelanggan.

Ada dua taktik mendasar untuk mengatur pemilik cluster di Wi-Fi Direct cluster. Dalam satu pendekatan, client mengatur pemilik agregat P2P secara fisik. Teknik ini disebut Autonomous Group Owner (GO yang memerintah sendiri). Dalam taktik kedua, juga disebut pembuatan cluster berdasarkan pengaturan, dua gadget bersaing dalam terang harga tujuan pemilik cluster.

Gadget dengan penghargaan tujuan yang lebih tinggi berubah menjadi pemilik kluster dan gadget kedua berubah menjadi pelanggan. Harga tujuan pemilik kluster bisa bergantung pada apakah gadget jarak jauh memainkan hubungan silang antara manfaat Wireless LAN yayasan dan gugus P2P, kekuatan yang tersisa dalam gadget jarak jauh, terlepas dari apakah unit jarak jauh seperti yang kini menjadi pemilik gugus di gugus lain serta kualitas flag yang didapat dari gadget remote primer.

Mode komunikasi nirkabel menggunakan media yang terbuka dan kurang pribadi, dan informasi ini bisa diakses oleh pihak ketiga yang tidak dimaksudkan dengan gampang. Pada catatan ini, para perancang Wireless LAN telah memasukkan sistem untuk mengenkripsi transfer data.

Ini tidak terjadi pada LAN kabel karena keamanan betul-betul ditingkatkan mengingat bahwa media tidak terbuka. Metode enkripsi utama yang digunakan merupakan privasi setara kabel, dan tujuan utamanya merupakan untuk mengamankan jaringan nirkabel komputer. Menggunakan enkripsi, menjadi sulit bagi pihak ketiga yang mencoba mengakses jaringan.

Fungsi Wireless LAN & Wireless LAN Card

LAN-1

Fungsi dari Wireless LAN merupakan untuk digunakan mengakses jaringan berdasarkan jangkauan wilayah LAN atau yang dikenal dengan area lokal dengan menggunakan jaringan tanpa kabel (nirkabel) dengan frekuensi radio. Fungsi Wireless LAN Card merupakan untuk membuat koneksi fisik ke jaringan- untuk menyediakan ‘pintu’ yang terbuka. Interface pertama yang didukung oleh Wireless LAN merupakan Interface fisik melalui mana kabel dihubungkan ke kartu.

Interface didefinisikan dengan baik dalam dokumentasi teknis, itulah sebabnya kabel jaringan standar cocok dengan beberapa besar Wireless LAN Card standar.  Fungsi kedua Wireless LAN Card merupakan untuk menyediakan tautan data. Dalam jaringan komputer terdapat model data yang biasa disebut dengan Open Systems Interconnection (OSI). Model ini, atau cara menjelaskan jaringan, mencakup tujuh lapisan.

Dua lapisan pertama merupakan lapisan fisik dan tautan data. Setiap lapisan model OSI memungkinkan lapisan lain untuk independen. Memutakhirkan atau mengubah satu lapisan tidak memengaruhi yang lain. Ini berarti bahwa bila plugin berubah untuk segala Wireless LAN Card, faktor lain, seperti protokol, tidak perlu berubah.

Jenis Wireless LAN

Jenis Wireless LAN merupakan sebagai berikut:

  • Wireless LAN rumah pribadi atau bisnis kecil: Wireless LAN rumah atau bisnis menggunakan satu atau dua titik jalan masuk untuk menyiarkan sinyal di sekitar radius 100 hingga 200 kaki. kamu bisa menemukan peralatan untuk memasang Wireless LAN rumah di banyak toko ritel.
  • Wireless LAN kelas perusahaan: Wireless LAN kelas perusahaan menggunakan sejumlah besar titik jalan masuk individu untuk menyiarkan sinyal ke area yang luas. Jalur jalan masuk mempunyai lebih banyak fitur daripada peralatan Wireless LAN di rumah atau kantor kecil, seperti keamanan yang lebih baik, otentikasi, manajemen jarak jauh.

Jenis Wireless LAN Card

Jenis Wireless LAN Card merupakan sebagai berikut:

PCI (Peripheral Component)

PCI merupakan perangkat Wireless yang mempunyai wujud kartu PCI yang tertanam di dalam sebuah PC, sehingga tidak mempunyai perangkat embedded Wireless pada PC. PCI mempunyai jangkauan sinyal yang kecil sehingga pengguna terkadang menggunakan antenna tambahan untuk menangkap sinyal

PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)

PCMCIA merupakan perangkat yang umumnya dijumpai pada komputer maupun komputer jinjing jaman dahulu dimana belum ada perangkat Wireless adapter yang telah terintegrasi seperti komputer ataupun komputer jinjing di jaman kini. PCMCIA hanya bisa digunakan pada komputer jinjing maupun netbook, sementara untuk penggunaan komputer membutuhkan tambahan hardware yang disebut holding

Wireless USB

Wireless USB gampang diperoleh di pasaran. Karena Wireless USB mempunyai sifat mobile sehingga bisa langsung dipasang pada slot USB, dan tidak perlu lagi membongkar komputer maupun komputer jinjing kamu.