Apa itu UI Designer? Lalu Apa Perbedannya dengan UX Designer

Apakah kamu merasa nyaman dan senang pada dikala menggunakan sebuah aplikasi? Atau mungkin ada menyukai tampilan sebuah web yang sering kamu kunjungi? UI Designer, begitu sebutan untuk aktor yang berperan dalam membuat tampilan sebuah aplikasi atau sistem sehingga nyaman dan mempermudah kamu pada dikala menggunakan aplikasi hal yang demikian.

Entah dari segi pemilihan warna yang menarik, pelatakan fitur, dan lain sebagainya. Pentingnya pekerjaan yang dilaksanakan seorang designer membuat profesi satu ini benar-benar sering dicari.

Selain UI designer, ada juga yang disebut dengan UX UI designer. Apakah kedua hal ini sama? Untuk menemukan jawabannya, yuk langsung saja simak tulisan ini hingga akhir.

Pengertian UI Designer dan UX UI Designer

Pengertian-UI

Sebelum kami membahas pengertianya, pertama kamu memahami perbedaan antara UI dan UX. UI yaitu singkatan dari user interface, semenatara UX yaitu singkatan dari user experience. UI dan UX merupakan suatu tampilan visual sebuah program aplikasi sebagai alat pemasaran komputerisasi. Dengan begitu brand atau produk bisa dikenal dan mempunyai daya beli yang tinggi.

User Interface Design

Sering disingkat dengan UI designer yaitu orang yang bertugas secara khusus untuk merancang user interface, sehingga bisa digunakan pada aplikasi maupun laman dengan tujuan memaksimalkan user interface.

Dalam pengertian lain, UI designer yaitu juga diartikan dengan suatu profesi yang menggunakan komunikasi user dengan sistem dalam suatu aplikasi atau laman. Seorang user interface designer wajib cakap merancang atau mendesain tampilan sebuah program sehingga mempermudah dan membuat pengguna nyaman ketika menggunakan program yang dibuat.

Adapun hal yang masuk dalam mekanisme seorang user interface designer ialah tampilan fisik, animasi, warna, dan pola. Artinya user interface mempunyai tanggung jawab untuk memilih dan mengatur dengan skema warna, format, tulisan serta ukurannya, termasuk tombol, serta tata letaknya.

Semua item yang dipilih wajib cakap berinteraksi dengan pengguna. Yang nantinya, seluruh faktor visual yang akan dilihat langsung oleh user menjadi tanggung jawab seorang user interface designer.

User Experience Designer

Disingkat dengan UX designer yaitu seseorang yang menjalankan sebuah pekerjaan dengan tugas meningkatkan kepuasan pengguna sebuah program atau aplikasi supaya tetap meningkatkan kegunaan dan kesenangan ketika pengguna berinteraksi dengan produk atau aplikasi hal yang demikian.

Seorang UX designer wajib mempunyai kemampuan untuk mengalisa kebutuhan sekaligus kebiasaan user supaya program yang dibuat bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Secara sederhana, seorang UX designer bertanggung jawab untuk membuat dan merancang aplikasi yang mempermudah user.

Aplikasi yang dibuat wajib bermanfaat, dan simple secara bersamaan. Karena, emosi pengguna pada dikala menggunakan aplikasi menjadi fokus utama seorang UX designer.

Karena wajib memastikan pengguna merasa senang dan puas dikala menggunakan aplikasi, memastikan tidak mengalami kesulitan, dan apakah masalah yang dialami pengguna telah terpecahkan atau tidak serta pelbagai perasaan lainnya. Dalam menjalankan pekerjaannya, baik user interface designer maupun user experiense designer wajib berjalan berdampingan atau bersamaan.

Pekerjaan yang mereka lakukan wajib berdasarkan atau bersumber dari hasil riset yang sama. Dengan begitu produk yang dihasilkan akan bisa dirancang seefektif mungkin.

Perbedaan UI Designer dan UX Designer

perbedaan-UIdanUX

Setelah mengetahui pengertian user interface designer maupun user experiense designer, tentunya kamu telah mendapatkan pemahaman secara lazim terkait perbedaan antara kedua hal hal yang demikian. Namun, supaya pemahaman kamu lebih rinci berikut review perbedaan antara kedua profesi hal yang demikian.

Perbedaan dari Segi Design

Perbedaan dari segi design terlihat dari fokus yang lebih diutamakan dari kedua hal ini. Dimana UI designer fokusnya lebih diutamakan pada keindahan tampilan yang dibuat, dengan tujuan bisa menciptakan ikatan emosional melalui desain yang dibuat.

Sementara itu UX designer memfokuskan pada mencari solusi dari pelbagai permasalahan yang terjadi antara pengguna atau user dan produk itu sendiri.

Perbedaan dari Segi Fungsi

Dari segi fungsi, perbedaan antara user interface designer dan user experience designer bisa terlihat dari fungsinya pada UI untuk membuat desain yang menarik dan indah sehingga disukai pengguna. Disisi lain, UX designer ada dengan fungsi untuk meningkatkan kepuasan user serta kegunaan sebuah aplikasi ataupun laman.

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Menjadi seorang UI ataupun UX Designer benar-benar menjanjikan sekiranya dilihat dari pendapatan yang akan diterima. Bagi mereka yang menjalakan profesi ini, gaji atau pendapatan yang akan diterima berkisar antara 8 juta sampai 10 juta rupiah.

Namun ini juga bergantung dari perusahaan dan proyek yang diambil. Jadi, bisa saja pendapatan mereka yang bergelut dalam bidang ini lebih tinggi. Apakah kamu tertarik menjadi seorang UI? Jikalau benar, pastikan kamu telah mempunyai kemampuan berikut ini:

  • Kemampuan mengerjakan riset.
  • Kemampuan analisis.
  • Mampu berpikir kritis.
  • Skill dalam mendesain.
  • Memiliki ilmu pemrograman.
  • Memiliki kemampuan typography.
  • Cakap dalam komunikasi dan media.
  • Terakhir, menguasai bahasa Inggris.

Tips Menjadi Seorang UI/UX Designer dikala Kuliah

tips-UI-kuliah

Menjadi seorang UI atau UX designer memang benar-benar menjanjikan dari segi pendapatan yang akan kamu terima. Berita baik bagi kamu bisa menjadi seorang UI atau UX designer dengan belajar secara otodidak.

Berikut tips untuk kamu yang berniat menjadi seorang UI maupun UX designer bahkan ketika masih di bangku kuliah.

Pelajari dari Buku

Akan lebih baik untuk kamu mempelajari seputar UI atau UX Designer dari buku dibandingkan dengan melalui internet. Hal ini karena kamu akan lebih memahami apa yang dijabarkan didalam buku karena lebih detail dan mendalam.

Ikut Online Course

Ikuti online course bila kamu telah memahami dari buku, kamu sebaiknya mulai mencari alternative lain untuk belajar, seperti mengikuti online course atau menonton video yang umumnya banyak tersedia diplatform seperti youtube.

Akan lebih baik sekiranya kamu bergabung dalam komunitas UI designer atau UX designer, karena komunitas telah terbukti benar-benar menolong dalam memahami seluk beluk suatu hal.

Ikut Kompetisi

Ikuti pelbagai kompetisi atau perlombaan yang berhubungan dengan UX maupun UI designer. Ini benar-benar bagus untuk mengasah kemampuan kamu sekaligus menambah pengalaman kamu di bidang satu ini. Apalagi sekiranya kamu menjadi pemenang, tentunya merupakan bonus yang benar-benar hebat.

Magang

Ikuti magang sekiranya ada kesempatan, magang merupakan cara paling tepat untuk mengaplikasikan kemampuan kamu dalam bidang UI dan UX designer. Hal ini karena kamu akan belajar langsung dari seorang ahli yang memang pekerjaannya dibidang ini.

kamu bisa mendapatkan solusi atau masukan langsung dari ahlinya ketika menemukan sebuah kendala atau mengerjakan kesalahan.

Sampai disini bahasan terakit UI designer yaitu, sekaligus perbedaannya dengan UX UI Designer. Bagi kamu yang mempunyai kemampuan dasar dalam dunia desain, akan benar-benar baik sekiranya kamu mulai mempelajari bidang yang satu ini. Dijamin kamu akan memperoleh pelbagai keuntungan dan hasil yang memuaskan. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Semoga menginspirasi!