Apa itu Multimedia? Sejarah, Manfaat dan Contohnya

Dalam kehidupan manusia, komunikasi ialah yang betul-betul penting untuk bisa saling memahami satu sama lain. Dahulu manusia hanya bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan komunikasi lisan. Dewasa ini, dengan teknologi yang telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dengan perkembangan yang betul-betul pesan, komunikasi dikerjakan dengan cara baru, menggunakan teknologi multimedia.

Multimedia ialah sarana yang cocok untuk berkomunikasi dan memberikan informasi secara masal yang membuthkan perangkat khusus supaya informasi bisa sampai kepada penerima. Apa sih sebenernya pengertian multimedia? Bagaimana kemudian multimedia bisa hadir ditengah-tengah kehidupan manusia?

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan hal yang demikian dan juga memberikan informasi lain terkait multimedia khusus untuk kamu. Oleh karena itu ikuti tulisan ini hingga akhir dan temukan jawabannya. Yuk simak pembahasannya!

Pengertian Multimedia

multimedia-ialah

Secara bahasa, multimedia tersusun dari dua kata yaitu “multi” dan “media”. Multi mempunyai arti banyak, sedangkan media berarti sesuatu yang dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan (perantara). Jadi secara bahasa multimedia ialah perantara pesan yang terdiri atas lebih dari satu faktor.

Dalam definisi lain, multimedia ialah salah satu sarana media komunikasi dan informasi pada komputer yang mengkombinasikan antara grafik, teks, animasi, audio, dan video. Kombinasi dari beragam faktor ini bisa ditampilkan, disimpan, dikirim, maupun diproses dengan perangkat tertentu. Berikut beberapa pengertian multimedia menurut para ahli:

Mc.Comick, 1996

Menurut Mc. Comick, Multimedia gabungan gabungan dari tiga buah faktor penting yang ada di dalamnya yang meliputi suara, tulisan, dan gambar.

Robin dan Linda, 2001

Menurut Robin dan Linda, Multimedia ialah sebuah alat yang bisa digunakan sebagai media presentasi yang lebih interaktif dan dinamis di mana dalam media ini penggunanya bisa mengintergrasikan beragam macam data mulai dari teks, grafik, video, animasi, dan juga audio.

Hofstekter, 2001

Menurut Hofsteker, multimedia dalam komputer ialah pemanfaatan teknologi komputer sebagai media dalam pembuatan serta penyatuan data berupa gambar, teks, grafik, serta audio dengan memanfaatkan perangkat lunak sehingga penggunanya sanggup berkreasi, berinteraksi, serta komunikasi.

Turban, dkk, 2002

Menurut Turban dkk, multimedia ialah kombinasi dari dua media yaitu input dan output. Media yang dikombinasikan berupa teks, audio, video, gambar, grafis, dan juga animasi.

Sejarah Multimedia

Sesungguhnya istilah multimedia ialah istilah yang berasal dari dunia teater. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media umumnya disebut pertunjukan multimedia. Di mana pertunjukan multimedia mencakup beberapa hal seperti  monitor video, synthesized band, sera karya manusia sebagai sebuah pertunjukan.

Multimedia tidak lepas dari beragam penemuan beragam perangkat komunikasi. Gutenberg and Caxton yang pertama kali mempersembahkan media cetak pada abad ke-15. Kemudian dilanjutkan pada abad ke-19, yaitu masa terpenting bagi perkembangan dunia komunikasi. Mattew Brady kemudian mengejutkan publik pada 1862 dengan mengerjakan pemeran fotografinya.

Selanjutnya ditandai dengan penemuan telegraf oleh Samuel Morse, Alexander Graham Bell yang menemukan telepon, radioa yang ditemukan Gugliemo Marconi. Selanjutnya ialah ide permulaan penemuan televisi yang digagas John Logie Baird dan Lumiere bersaudara. Revolusi televisi pada akhir tahun 1940-an membawa multimedia kea rah perkembangan yang lebih serius. Ditambah dengan Ketika era komputer dan internet mulai berlangsung sejak tahun 1960-an.

Multimedia kemudian mulai dikenal pada akhir tahun 1980-an yang ditandai dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, juga ditandai dengan pengumuman yang dikeluarkan oleh IBM pada tahun 1989 terkait perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card untuk PS/2. Sejak itu, hampir segala pemasok perangkat keras dan lunak beralih ke multimedia. Hingga pada tahun 1994 diperkirakan lebih dari 700 produk dan system multimedia ada di pasaran untuk diperjualbelikan.

Sebuah citra visual bisa dimasukkan ke dalam sistem melalui pekaet perangkat lunak yang menyatukan citra komputerisasi, juga dari kamera video, pita dan piringan video, seta scanner optic. Input berupa audio dimasukkan melalaui media microfon, compact disk, dan pita kaset. Setelah tahun 70-an pengguna micro komputer telah bisa menolong menjelaskan beragam masalah serta mempercepat penyelesaian pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini penggunaan komputer juga menyedia media yang menyebarkan informasi serta menyajikan hiburan untuk pengguna. Saat ini komputer tidak lagi menjadi barang mewah, melainkan suatu kebutuhan bagi tiap orang. Hal ini menunjukkan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi sebuah komputer multimedia.

Dengan munculnya beragam macam teknologi ini akhirnya memungkinkan manusia untuk mengkombinasikan beragam macam media dengan sebuah perangkat. Saat ini internet telah menjadi raksasa media komunikasi pada dikala ini. Multimedia memperoleh cakupan wilayah penggunaan yang tak terbatas, apalagi hingga dikala ini masih belum ada tanda kemunculan teknologi pengganti yang lebih mutakhir.

Jenis-macam Multimedia

macam-multimedia

Didasarkan pada sifat penggunannya, multimedia dikelompokkan dalam beberapa tipe, yaitu:

Multimedia Interaktif

Jenis pertama multimedia ialah multimedia interaktif yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengontrol beragam bagian di dalamnya. Tipe yang pertama ini mengutamakan personalisasi pemakaian multimedia yang layak dengan keinginan pengguna.

Multimedia Hiperaktif

Tipe kedua multimedia ini merupakan macam komunikasi multimedia yang memanfaatkan hubungan antar tiap bagian dalam multimedia. Multimedia hiperaktif ini juga bersifat interaktif sehingga pengguna bisa memilih beragam asupan informasi layak dengan selera mereka melalui beragam tautan yang tersedia.

Multimedia Linier

Multimedia linier ialah macam multimedia yang mempunyai sifat tidak interaktif. Ini berarti penggunanya hanya bisa menikmati beragam sajian informasi dengan cara linier. Ini dikerjakan tanpa mempunyai kesempatan untuk mengontrolnya secara mandiri.

Multimedia Kits

Tipe selanjutnya dalam multimedia ialah multimedia kits yang digunakan sebagai pembelajaran, di mana melibatkan lebih dari satu macam media serta diorganisir oleh sebuah topik tunggal. Perangkat yang termasuk dalam multimedia kits ialah CD-ROM, kaset audio, transparansi overhead, gambar statis, dan lain sebagainya. Multimedia yang satu ini banyak dimanfaatkan karena multi sendorik dan ideal untuk digunakan dalam beragam proyek kecil, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Fungsi Multimedia

Sebuah riset yang dikerjakan oleh Computer Technology Research (CTR), memberikan gambaran baru terkait ingatan manusia yang mempunyai hubungan dengan komunikasi. Hasil riset ini menyatakan bahwa seseorang akan lebih gampang untuk mengingat informasi berupa audio yang mereka dengarkan, dibandingkan citra visual yang mereka lihat. Seseorang hanya akan mengingat sekitar 20% informasi yang mereka lihat. Meski informasi yang mereka dengarkan akan diingat oleh memori manusia sekitar 30%.

Ini mempunyai arti bahwa manusia akan lebih gampang mengingat informasi yang disampaikan dalam wujud kombinasi atau penggabugan antara media audio dan visual. Dengan menggabungkan keduanya, maka orang akan mengingat sebesar 50% informasi yang diterimanya dengan cara mendegar dan mengamati secara sekaligus.

Hasil riset yang dikerjakan CTR ini mengungkapkan bahwa multimedia mempunyai fungsi utama sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Multimedia menjadikan komunikasi menjadi lebih tepat sasaran dibandingkan dengan cara klasik yang selama ini digunakan, khususnya pada dikala mengerjakan komunikasi massal.

Manfaat Multimedia

Saat ini multimedia telah merambah dalam segala aspek kehidupan, apalagi didukung perkembangan teknologi komputerisasi yang betul-betul pesat. Kemajuan teknologi ini membawa manfaat yang betul-betul luar bisa. Multimedia ialah hal yang betul-betul bermanfaat dalam beragam bidang kehidupan manusia, berikut ulasannya.

Sarana Informasi Umum

Saat ini, beragam instansi pelayanan publik lebih gampang dalam menyebarkan informasi dengan memanfaatkan multimedia. Mereka hanya perlu menyediakan infrastruktur perangkat yang memadai untuk kemudian di pasang di beragam lokasi maupun media strategis.

Dengan begitu, di mana public bisa mengakses dan memperoleh informasi secara langsung dengan gampang. Multimedia bisa ditemukan diberbagai tempat, mulai dari stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, objek wisata, hingga instansi pendidikan. Saat ini juga terdapat beragam perangkat seperti komputer, komputer jinjing, maupun gadget untuk menyebarkan informasi, sehingga tidak perlu mengunjungi suatu temapt khusus untuk memperoleh informasi.

Media Pembelajaran

Manfaat selanjutnya dengan adanya multimedia ialah bisa menjadi sarana atau media pembelajaran. Di beragam instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi menjadikan multimedia sebagai media pembelajaran.

Pemanfaatan multimedia ini memberikan akibat yang baik karena memang betul-betul tepat sasaran. Metode pendidikan yang dirasa monoton dan membosankan, menjadikan multimedia sebagai penemuan kreatif yang betul-betul menarik sehingga peserta didik lebih memahami dan menyukai cara pendidikan yang memanfaatkan multimedia ini.

Salah satu contoh penerapan pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran ialah pada dikala membuat presentasi. Di mana peserta didik juga menggunakan media interaktif untuk mengerjakan presentasi hasil belajar dengan memanfaatkan perangkat komputer jinjing dan proyektor.

Multimedia juga menjadi sarana yang tepat untuk mengetahui apa saja ketertarikan dari tiap peserta didik, mereka mempunyai kebebasan memilih bidang kegemaran masing-masing, belajar layak keinginannya, sehingga peserta didik akan lebih aktif dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Membantu Memajuka Ilmu Kesehatan

Dulu, seorang ibu baru mengetahui macam kelamin anaknya baru setelah melahirkan. Namun dengan berkembangnya teknologi, khususnya multimedia kini seorang ibu bisa mengetahui macam kelamin anaknya bahkan beberapa bulan sebelum hari kelahiran.

Penemuan piranti pemindai yaitu USG, menjadikan dokter bisa mengetahui keadaan janin dalam kandungan, salah satunya mengamati macam kelamin janin. Ini merupakan salah satu contoh pemanfaatan multimedia dalam bidang Kesehatan yang betul-betul menolong manusia.

Piranti USG bukanlah satu-satunya perangkat multimedia yang ditemukan dalam dunia Kesehatan. Ada juga yang disebut dengan Pemindai X-ray, yang menjadi sarana penting bagi dokter untuk mengerjakan diagnose gangguan kesehatan pada pasiennya. Berbagai penemuan medis ini betul-betul menolong para tenaga media dalam upaya menyembuhkan dan menyelamatkan pasien mereka.

Contoh Kategori Multimedia

contoh-multimedia

Multimedia Komunikasi

Multimedia komunikasi ialah penggunaan media yang mempunyai fungsi untuk mempublikasikan informasi. Media yang digunakan dalam kategori satu ini ialah TV, radio, game, film, music, entertainment, internet, media cetak, dan tutorial.

Multimedia Content Production

Multimedia content production ialah pemanfaatan multimedia dalam beberapa media yang berbeda. Contohnya ialah teks, audio, animasi, gambar dan grafik, juga video yang telah dipadukan sehingga menghasilkan produk multimedia beruapa game, music, film, dan lain sebagaina, media dalam multimedia satu ini ialah berupa teks, video, audio, animasi, special efek, interactivity, dan garfik.

Nah, itulah beragam review terkait informasi mengenai multimedia. Multimedia ialah media komunikasi yang betul-betul menolong dalam upaya penyebaran dan penyampaian informasi. Informasi yang disebarkan ini akan betul-betul bermanfaat dalam beragam bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, maupun kehidupan sosial masyarakat.

Apalagi dengan kenyataan bahwa manusia lebih gampang menyerap dan memahami informasi yang disampaikan dengan memanfaatkan beragam media dalam multimedia seperti video. Setelah mengetahui beragam hal terkait multimedia, semoga kamu bisa lebih bijak dalam memanfaatkannya untuk beragam kebutuhan. Terima kasih telah mengikuti hingga akhir, sampai berjumpa di tulisan selanjutnya. Semoga menolong!