7 Jenis Font Paling Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

kamu seorang desainer grafis? Atau, kamu baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat gampang, sesungguhnya bukan pekerjaan sepele. Ada banyak hal yang seharusnya dipahami oleh seorang desain grafis, salah satunya ialah font.

Font menjadi hal yang tak terpisahkan dalam dunia desain grafis. Seorang desainer grafis akan selalu membutuhkan font guna merampungkan pekerjaannya, baik itu pembuatan pamflet atau brosur, kartu undangan, hingga logo dan header dokumen perusahaan.

Melainkan apa itu font? Font ialah desain suatu huruf dan angka. Kini, kita bisa dengan gampang menemukan beragam tipe font diinternet. Ada ratusan tipe font yang bisa kamu unduh dan gunakan dalam desain.

Namun kamu seharusnya tetap berhati-hati dalam menentukan font untuk  desain, sebab tiap, font  mempunyai fungsinya sendiri. Seperti font times new roman yang memberikan kesan formal dalam karya tulis, atau comic sans yang membawa makna ceria dalam buku cerita anak.

Jadi, font mana yang cocok untuk desain kamu? Mari simak tulisan berikut ini untuk mengetahui review komplit seputar font dalam dunia desain.

Desainer Grafis Wajib Punya 7 Jenis Font Keren Ini!

Desainer-Grafis

Font ialah salah satu senjata penting yang wajib dimiliki oleh para desainer grafis. Setiap desainer grafis tentunya akan mempunyai sebanyak mungkin referensi tipe font keren untuk digunakan dalam desain buatannya.

Biasanya, font yang baik untuk suatu desain ialah tipe font yang enak dibaca. Mengapa? Karena, hanya tipe font yang enak dibacalah yang sanggup menyalurkan pesan dari suatu desain kepada publik dengan baik.

kamu sedang mencari referensi tipe font keren ataupun tipe font yang enak dibaca untuk mempercantik desain kamu? Berikut ni, kami telah menyiapkan rekomendasi font yang bisa digunakan untuk mempercantik desain kamu.

Typewriter

Persis cocok namanya, font ini menghasilkan tampilan huruf yang mirip ala mesin ketik zaman dahulu. Font ini cocok dipakai seandainya kamu mengusung tema desain nostalgia.

Serif

Serif merupakan font yang cukup sering dipakai dalam desain penting sebab memberikan kesan yang serius dan profesional. Alhasil, gunakanlah font serif untuk kebutuhan desain penting kamu seperti membuat desain merk, dokumen cetak perusahaan, dan logo perusahaan.

Trajan

Font Trajan sering timbul dalam desain poster film hollywood. Trajan cocok dipakai untuk mendesain bagian headline text dan logo. Trajan sendiri merupakan font turunan dari old serif.

Frutiger

Selanjutnya ialah font frutiger. Font ini awam dipakai untuk desain yang berfungsi sebagai media publikasi kepada publik. Contohnya ialah desain infografis, signboard, marketing tools bisnis.

Bickham Script Pro

Rekomendasi font selanjutnya ialah bickham script pro. Font cantik ini awam dipakai untuk kebutuhan surat atau pamflet undangan resmi dan formal serta teks dekoratif.

Moonface Script

Sekiranya kamu sedang mendesain baju kaos olahraga, gunakanlah font ini. Karena, moonface script mempunyai desain yang khas mencirikan bidang olahraga serta stadium.

Merno Script

Rekomendasi terakhir ialah merno script. Font ini berbentuk tulisan tangan yang elegan, sehingga cocok untuk dipakai mempercantik desain logo dan heading suatu pamflet atau undangan.

Cara Mencari Jenis Font Di Gambar, Dijamin Akurat!

Web-Myfonts

Terkadang, ada kalanya kamu mengamati font menarik yang digunakan dalam sebuah gambar. kamu ingin menggunakan font yang sama untuk desain buatan sendiri namun sayangnya, kamu tidak tahu nama font hal yang demikian.

Permasalahan serupa juga bisa timbul dari skenario yang berbeda. Semisal, klien meminta kamu untuk membuat sebuah desain dengan gambar contoh yang telah disiapkan. Alhasil, kamu pun kebingungan karena dalam gambar contoh tidak terdapat keterangan nama font yang digunakan.

Namun kamu tidak perlu kebingungan lagi. Karena kini, telah ada cara mencari tipe font dari suatu gambar dengan alat bantu tertentu. Apa sajakah alat hal yang demikian? Berikut jawabannya!

Web Myfonts.com

Cara mencari font yang pertama ialah dengan menggunakan web myfonts.com. Situs ini menyediakan fitur khusus pendeteksi font yang digunakan oleh sebuah gambar yang bernama what the font. Dengan fitur what the font, kamu bisa dengan bebas melacak tipe font yang digunakan oleh suatu desain.

Cara mendeteksi font what the font juga benar-benar gampang. Cukup unggah foto font yang ingin kamu lacak, kemudian ketikkan huruf atau angka yang terdapat dalam gambar kemesin pencari.

Selanjutnya kamu tinggal menunggu mesin untuk memberikan hasil pencarian tipe font yang digunakan dalam gambar. Praktis, bukan?

Font Squirrel

Cara kerja situs ini mirip dengan what the font tadi. Untuk melacak tipe suatu font dari sebuah desain, kamu cukup mengunggah foto font hal yang demikian kepada situs font squirrel.

Setelah foto sukses terunggah, klik tulisan “matchrate it”. Tinggal tunggu sejenak, lalu situs akan mengeluarkan sejumlah hasil pencarian terkait font yang mirip dengan yang pada foto.

Lebih bagus lagi, kamu bisa mendownload font yang menurut kamu persis seperti dalam gambar yang diunggah. Kini kamu mempunyai font baru untuk digunakan dalam desain.

Identifont

Mesin pencari selanjutnya ialah identifont. Berbeda dari font squirrel dan what the font yang melacak font berdasarkan gambar, dengan identifont kamu akan melacak tipe font menggunakan serangkaian pertanyaan.

Mesin akan memberikan serangkaian pertanyaan terkait font yang hendak dicari. Dengan menjawab pertanyaan hal yang demikian, diinginkan kamu akan menemukan nama font yang menjadi pertanyaan.

Pertanyaan seperti apa yang akan ditanyai oleh identifont? Biasanya pengguna akan ditanyai kemiripan format font yang diketahui dengan font sugesti atau nama pihak pembuat font. Jadi, jelas akan dibutuhkan sedikit pengetahuan terkait font yang ingin dilacak seandainya kamu ingin menggunakan identifont.

Photoshop

Siapa bilang kamu tidak bisa melacak tipe font dari sebuah desain dengan aplikasi photoshop? Aplikasi khusus pengeditan foto ini memang kaya akan segudang manfaat, salah satunya ialah mendeteksi font yang digunakan dalam suatu gambar.

Cara mendeteksi font diphotoshop pun benar-benar gampang! Pertama, kamu seharusnya membuka aplikasi photoshop pada perangkat komputer atau PC. Selanjutnya, buka file foto desain yang hendak dilacak fontnya.

Lalu, gunakan fitur “type” dan pilih “match font”. Photoshop akan memberikan sugesti nama font yang digunakan dalam desain hal yang demikian. Agar pencarian menjadi lebih gampang dan akurat, kamu bisa menggunakan fitur crop untuk memangkas area diluar font target.

FontFaceNinja

Rekomendasi alat pendeteksi font yang terakhir ialah FontFaceNinja. Sistem kerja FontFaceNinja cukup berbeda dibandingkan web atau aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

FontFaceNinja bekerja dengan melacak tiap tipe font yang digunakan oleh web yang kamu telusuri. Alhasil, referensi font kamu akan semakin kaya. Sayangnya, situs ini tidak bisa digunakan untuk melacak font yang dipakai oleh suatu desain atau gambar seperti alat pendeteksi lainnya seperti nomor diatas.

Sekiranya kamu tetap ingin menggunakan FontFaceNinja untuk menambah referensi font, caranya juga gampang sekali. Cukup unduh dan pasang plugin FrontFaceNinja untuk dipasang pada browser pencari. Tertarik untuk mencoba?

Mempercantik Jenis Font untuk Android

aplikasi android

Kemampuan mengubah dan memodifikasi font merupakan salah satu kelebihan dari android user. Daripada bosan dengan tipe font untuk android kamu yang itu saja, yuk coba ganti dengan aplikasi berikut ini!

iFont

Aplikasi pengganti tipe font untuk android pertama ialah iFont. iFont banyak digunakan oleh masyarakat sebab menyediakan ratusan font lucu dan keren yang cocok untuk mempercantik tampilan smartphone kamu.

Selain itu, kamu bisa mengatur ukuran font sesuka hati dengan aplikasi rilisan diyun developer ini. Aplikasi iFont juga bisa diunduh secara gratis!

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kapp.ifont

HiFont

Aplikasi modifikasi font android selanjutnya ialah HiFont. Mirip seperti iFont, HiFont menyediakan ratusan font gratis siap pakai untuk memperindah tampilan font pada smartphone kamu.

Tak hanya sebatas font, HiFont juga menyediakan beragam emoticon gratis dan lucu untuk mewarnai fitur chatting kamu. Yuk segera upgrade font dan emoticon pada android kamu dengan HiFont.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.xinmei365.font

Stylish Fonts

Ingin mengganti font android dengan gampang? Aplikasi stylish fonts ialah solusinya! Aplikasi Stylish Fonts diklaim bisa mengganti font android kamu dengan cepat dan gampang. Terdapat banyak font stylish dalam aplikasi ini yang juga bisa kamu coba terapkan dismartphone.

Hanya saja Stylish Font mempunyai koleksi tipe font yang terbatas yakni sebanyak 50 font saja. Jumlah ini jauh lebih sedikit dibandingkan font koleksi milik aplikasi lainnya.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.stylish.fonts

FancyKey Keyboard

Aplikasi rekomendasi terakhir untuk font android ialah FancyKey keyboard. Aplikasi ini menghadirkan lebih dari 70 tipe font yang bisa digunakan pada smartphone kamu.

kamu pun bisa mengganti ukuran dan warna font cocok keinginan hati dengan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, FancyKey keyboard turut menyediakan beragam stiker, emoji dan GIF gratis yang bisa kamu gunakan untuk chatting.

Link download aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pinssible.fancykey.gifkeyboard

Menarik, bukan? Demikianlah pembahasan kali ini seputar font yang bisa digunakan untuk mempercantik desain buatan kamu. Semoga rekomendasi font serta tips cara mencari tipe font yang kami jelaskan bermanfaat. Thank you and have a great day!